PROGRAM SEKOLAH

===================================
BAB I :  PENDAHULUAN
===================================

A. Pengertian dan Latar Belakang
Sekolah adalah satu lembaga tempat berlangsungnya usaha yang dilakukan secara sadar oleh manuisa dewasa (guru) dalam upaya membentuk pertumbuhan jasmani dan rohani anak didik sebgai bangsa di masa yang akan datang. Dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan sangat diperlukan suatu kondisi (iklim) yang sehat, kondusif, harmonis dan serasi antara siswa, guru, kepala sekolah , orang tua (wali) siswa dan seluruh aparat (stakeholder) pendidikan lainnya.
Selanjutnya seluruh komponen pendidikan di sekolah merupakan satu kesatuan di mana antara satu dengan lainnya terjalin hubungan yang baik, serasi secara timbal balik dan berkesinambungan dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.
Oleh karena itu program kerja kepala sekolah ini kami susun secara sederhana, hal ini tentunya tidak luput dari kekurangan dan keterbatasan kemampuan kami. Namun yang sangat penting bagi kami, yakni kebersamaan untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam menentukan jalannya pembinaan di sekolah.


B. Landasan Hukum
Yang menjadi dasar pijakan dalam menyusun program kerja kepala sekolah ini adalah sebagai berikut:
1.      Landasan idiil                         :  Pancasila
2.      Landasan Konstitusional         :  UUD 1945
3.      Landasan Operasional                        :
3.1.          Undang-Undang Pendidikan No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
3.2.          Undang-Undang Pendidikan No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
3.3.          Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005 tentang SNP
3.4.      Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 Tentang Kewenangan Pemerintah Dan Kewenangan Pemerintah Provinsi Sebagai Daerah Otonomi.
3.5.          Permendiknas No.22 Tahun KTSP tentang Standar Isi
3.6.          Permendiknas No.23 Tahun KTSP tentang Standar Kelulusan
3.7.          Permendiknas No.24 Tahun KTSP Pelaksanaan Permen No.22 dan 23 Tahun KTSP
3.6            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.
3.7            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian
3.8            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
3.9            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
3.10        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah
3.11        Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Hidayatul Mujahidin Indramayu
3.12        Rapat Kerja Dewan Guru SMP-IT Hidayatul Mujahidin tanggal 16 Juni 2013


C. Maksud Dan Tujuan
1.  Maksud
Program Kerja Kepala SMP-IT Hidayatul Mujahidin Tahun Pelajaran 2013/2014 ini dimaksudkan sebagai pedoman kerja Kepala SMP-IT Hidayatul Mujahidin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mengelola SMP-IT Hidayatul Mujahidin sebagai suatu unit pendidikan dasar.
2.  Tujuan
2.1  Tujuan Umum
Secara umum tujuan Program Kerja Kepala SMP-IT Hidayatul Mujahidin Tahun Pelajaran 2013/2014ini adalah untuk memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh mengenai tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah dalam upaya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab secara efektif dan efisien.
2.2  Tujuan Khusus
Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah:
a)    Agar Kepala Sekolah dapat melaksanakan tugasnya untuk mencapai sasaran secara optimal;
b)   Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan pada awal tahun pelajaran;
c)    Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin harian;
d)   Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin mingguan;
e)    Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin bulanan;
f)    Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin semester;
g)    Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin akhir tahun pelajaran;
h)   Agar Kepala Sekolah dapat mengidentifikasikan dan menjadwalkan kegiatan rutin khusus.
  
D.   Ruang Lingkup
Program Kerja Kepala Sekolah ini menyangkut seluruh kegiatan yang dapat membantu kelancaran pelaksanaan, penyelesaian dan tanggung jawab selaku Kepala Sekolah dan sebagai pengelola inti dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir, mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan di SMP-IT Hidayatul Mujahidin Tahun Pelajaran 2013/2014dengan rincian sebagai berikut :
1.    Kegiatan dijadwalkan untuk dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2012/2013;
2.    Kegiatan yang harus dikerjakan setiap hari kerja;
3.    Kegiatan yang harus dijadwalkan dan dilaksanakan setiap bulan;
4.    Kegiatan yang harus dijadwalkan dan dilaksanakan setiap semester;
5.    Kegiatan yang harus dijadwalkan dan dilaksanakan setiap akhir Tahun Pelajaran.

E.    Gambar Umum, Target, Sasaran Yang Ingin Dicapai
1.  Gambar Umum  : Jenis kegiatan secara umum yaitu kegiatan awal Tahun Pelajaran,  kegiatan harian, mingguan, bulanan, semester dan akhir Tahun Pelajaran
2.   Target               : Semua kegiatan yang dijadwalkan dapat dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar.
3.   Sasaran Yang Ingin Dicapai: Semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab agar fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dapat tercapai sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditetapkan

 ====================================================
 BAB II : DESKRIPSI DATA BULAN JULI 2013
 ====================================================

A. SARANA PRASARANA
1. Fasilitas Ruang Belajar :
No
Jenis Barang
Jumlah
Keterangan
1
Meja Kursi Siswa
40 set
Baik
2
Meja Kursi Guru
2 set
Baik
3
Papan Tulis
2 buah
Baik
4
Alat Tulis
1 set
Baik
5
Bendera Merah Putih
1 buah
Baik
6
Jam Dinding
1 buah
Baik
7
Alat K3
1 set
Baik
8
Gambar Presiden, Wakil, dan lambang Negara
1 set
Baik
9
Papan Data Kelas
1 set
Baik

2. Fasilitas Kantor :
No
Jenis Barang
Jumlah
Keterangan
1
Laptop
1 buah
Baik
2
Sound System
1 unit
Baik
3
Komputer
1 unit
Baik
4
Printer
1 unit
Baik
5
Jam Dinding
1 buah
Baik
6
Alat K3
1 set
Baik
7
Gambar Presiden, Wakil, dan lambang Negara
1 set
Baik
8
Papan Data Sekolah
1 set
Baik

         3. Data Tanah dan Bangunan
1)        Status Tanah                     : Hak Guna Pakai
2)        Luas Tanah                       : 500 m
3)        Luas Bangunan     : 3 x 22m2

B. KESISWAAN

Daftar Nama Siswa Baru SMP-IT Hidayatul Mujahidin Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 45 orang:



KELAS
: VII A
NO
NAMA SISWA
L/P
1
AGUS ANDI
L
2
ARYA HS
L
3
CARWATI
P
4
CASNANTO
L
5
CASNUDIN
L
6
CINTA ATI
P
7
DONNI INDRAWAN
L
8
IDRIS
L
9
JUMSINAH
P
10
KURYATI
P
11
MARLINA
P
12
NUR ELAWATI
P
13
RIKI YANTO
L
14
RUSWAN
L
15
SANTI
P
16
SITI RUHAENI
P
17
SUNENTI
P
18
TARJUKI
L
19
TARKENI
P
20
TASDIYAH
P
21
TRIYANTI
P
22
WARTINIH
P
23
YETI
P
Jumlah Siswa
23
Jumlah Siswa Laki-Laki
14
Jumlah Siswa Perempuan
9
   
KELAS
: VII B
NO
NAMA SISWA
L/P
1
CASMURIH
L
2
CASNUDIN
L
3
CUNYATI
P
4
ERWATI
P
5
KARJANA
L
6
KHUMAYA
P
7
MILAWATI
P
8
NUNUNG
P
9
NURI
P
10
RANDI
L
11
RIYADIN
L
12
ROBIIS
L
13
RUMINAH
P
14
SRI ALFIYAH
P
15
SUGITO
L
16
SUKIRNO
L
17
SULISTIAWATI
P
18
SUMIYANA
P
19
TANIA
P
20
TARUDIN
L
21
WARYANA
L
22
WARYANTI
P
Jumlah Siswa
22
Jumlah Siswa Laki-Laki
12
Jumlah Siswa Perempuan
10




C. TENAGA PENDIDIK dan KEPENDIDIKAN
1. Tenaga Pendidik
NO
NAMA
Pendidikan
Tugas/Mapel Yg Diampu
1
Shodikin,S.Pd.
SI/ Bahasa Inggris
Kepala Sekolah/Bhs.Inggris
2
Kastiyah,S.Pd.
SI/ Bahasa Indonesia
Wali Kelas/Bhs.Indonesia
3
Koni'ah,S.Pd.
S1/ Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
4
Laelatul Badriyah,S.Pd.
S1/ Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
5
Muhammad Muchlisin,S.Pd.
SI/ Bahasa Indonesia
6
Casyanto,S.Pd.
SI/ PAI
7
Eko Nurdiansyah,S.Pd.I
SI/ PAI
8
Carikan,S.Pd.I.
SI/ PAI
9
Ulufy Heryanto,S.PD.
SI/ Penjaskes
10
Hermanto,S.Pd.I
SI/ PAI
11
Sofyanudin,S.Pd.
SI/ PAI
12
Eryani,S.Pd.I
SI/ PAI
13
Subhan Nur Fajar
SI/ Biologi
14
Mahmuri
SI/ Bahasa Indonesia
15
Siti Anisah
SI/ Bahasa Indonesia
16
Sahuri Khomsin
SPG
17
Udi Ruhedi
Udi Ruhedi
18
Musarofah,S.Pd.
SI/ Bahasa Indonesia
19
Munawaroh,S.Pd.
SI/ Bahasa Indonesia
20
Sa'adatun Rohana
SI/ Bahasa Indonesia

2. Tenaga Kependidikan
NO
NAMA
Pendidikan
Tugas/jabatan
1
Mahmuri
SI/ Bahasa Indonesia
Staff Tata Usaha
2
Riyanto
SMA
Pembantu Umum
3
Karma
TS
Penjaga Sekolah

D. PERPUSTAKAAN DAN REFERENSI DIGITAL
1. Buku Pelajaran
NO
Judul Buku
Jumlah
Keadaan
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20





2. Referensi Digital / Ebook / Software Aplikasi (pembelajaran dan Administrasi)
NO
Nama File/Ebook/Software
Jumlah
Type
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15




  
 ===================================================
 BAB III : PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
====================================================

A. PERENCANAAN
1.      Penyusunan program tahunan
2.      Pendataan siswa
3.      Pendataan jumlah kebutuhan guru, Staf Tata Usaha dan Pembantu karyawan
4.      Penyusunan program kegiatan pembelajaran
5.      Perencanaan kebutuhan buku pelajaran dan pegangan guru
6.      Perencanaan kebutuhan alat dan bahan pelajaran
7.      Pendataan tentang perawatan phisik sekolah
8.      Pendataan kebutuhan ATK
9.      Pendataan kebutuhan peralatan :
10.  ekstrakurikuler
11.  kesenian & olahraga
12.  7K
13.  pengembangan diri
14.  Pendataan kebutuhan sarana Fisik sekolah
15.  Perencanaan kalender pendidikan
16.  Penyusunan RAPBS
17.  Perencanaan program peningkatan mutu guru
18.  Program kesejahteraan guru dan karyawan
19.  Program kenaikan pangkat guru dan karyawan
20.  Programpembinaan guru dan karyawan
21.  Program kelancaran hubungan dengan masyarakat
22.  Program pelaksanaan studi banding dengan sekolah lain
23.  Program pembinaan kerjasama sekolah dengan instansi lain

B. PENGORGANISASIAN
1.      Pembentukan staf pembantu kepala sekolah
a.       wakasek
b.      wali kelas
c.       koordinator bidang-bidang layanan
2.      Pengaturan staf dan karyawan
3.      Pembentukan tim penyusun RAPBS
4.      Penunjukkan tim pembelian barang
5.      Penunjukkan tin penerima dan pengeluaran barang
6.      Penerbitan SK pembagian tugas
7.      Penyusunan Tin Penilaian Kinerja Guru dan angka kredit

C. ADMINISTRASI KBM
1.      Kantor
2.      Siswa
3.      Karyawan
4.      Perlengkapan
5.      Keuangan
6.      Pembinaan
7.      Komite
8.      Humas
9.      BK

D. PELAKSANAAN KEGIATAN RUTIN
1.      Kegiatan Harian
1)      Memeriksa daftar hadir guru, tata usaha dan pembantu karyawan
2)      Mengatur dan memeriksa kegiatan 7K
3)      Memeriksa program RPP dan persiapan lain yang menunjang pembelajaran
4)      Menyelesaikan surat menyurat, menerima tamu dan pekerjaan kantor lainnya
5)      Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya kegiatan pembelajaran
6)      Mengatasi kasus yang terjadi
7)      Memeriksa segala sesuatu setelah sekolah selesai
2.      Kegiatan Mingguan
1)      Mengadakan survey kelas
2)      Upacara bendera Senin dan tanggal 17an
3)      Jalan sehat setiap Jumat
4)      Memeriksa keuangan sekolah, BOS dan sumbangan sukarela
5)      Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat - surat
6)      Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor/sekolah
3.      Kegiatan Bulanan
a.       Awal Bulan
1)      Melaksanakan Penyelesaian Kegiatan
2)      Pengelolaan BOS,Infaq, Transport GTT/PTT
3)      Gaji Guru dan Karyawan
4)      Rencana keperluan perlengkapan sekolah
5)      Melaksanakan pemeriksaan terhadap
6)      Administrasi kelas
7)      Rekapitulasi absensi guru dan karyawan
8)      Kumpulan bahan evaluasi dan analisisnya
9)      Kumpulan Prota, Promes, RPP
10)  Diagram daya serap siswa
11)  Program Perbaikan dan Pengayaan
12)  Buku catatan pelaksanaan BK
b.      Akhir Bulan
1)      Penutupan bulan
2)      SPJ keuangan
3)      Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat dan bahan
c.       Kegiatan Semesteran
1)      Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah, kantor dan sarana phisik lainnya
2)      Pengisian buku induk siswa
3)      Menyelenggarakan penilaian semester
4)      Menyelenggarakan evaluasi BK, OSIS, UKS dan Ekstrakurikuler
5)      Menyelenggarakan kegiatan tengah semester
6)      Menyelenggarakan kegiatan nakhir semester
7)      Semesteran
8)      Pengisian Legger
9)      Penetapan Nilai Raport
10)  Buku catatan siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus
11)  Pengisian Nilai Semester
12)  Pembagian raport
13)  Pemberitahuan pemanggilan orang tua siswa sejauh diperlukan untuk konsultasi
d.         Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran
1)      Menyelenggarakan penutupan bulan inventaris dan keuangan
2)      Menyelenggarakan Try Out, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional
3)      Menyelenggarakan kesiapan kelulusan siswa
4)      pengolahan nilai US,/UN
5)      penyiapan bahan-bahan untuk rapat pleno kelulusan
6)      penulisan ijasah
7)      penyerahan ijasah dan pelapasan
8)      Menyelenggarakan penyiapan kenaikan kelas dan penyusunan
9)      pengisian legger
10)  penyiapan bahan untuk rapat guru
11)  penetapan nilai raport dan rapat kenaikan kelas
12)  pengisian raport
13)  Pembagian raport kenaikan kelas
14)  Persiapan PPDB tahun pelajaran yad

BAB V
PENUTUP


Demikian Program ini kami paparkan, Terima kasih telah membaca artikel ini, mohon tinggalkan kesan dan pesan anda pada Kottak Komentar demi introspeksi dan perbaikan program kami di masa depan. Semoga kita semua diridhoi Allah SWT! Amiin! 


Indramayu Juli 2013

hormat kami


Kepala SMP-IT Hidayatul Mujahidin






Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Popular Posts

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU