INDIKATOR KEBERHASILAN SEKOLAH DAN KELAS DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS
NO
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
INDIKATOR SEKOLAH
|
INDIKATOR KELAS
|
INDIKATOR SISWA
|
1
|
Religius
|
Perilaku yang didasarkan pada
upaya menjadikan dirinya sebagai
orang yang selalu dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan.
|
· Merayakan hari-hari besar
keagamaan.
· Memiliki fasilitas yang dapat
digunakan untuk beribadah.
· Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan
ibadah
|
· Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
· Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan
ibadah
|
·
Mengucapkan salam
·
Melaksanakan Shalat tepat waktu
·
Berpakaian menutup aurat
·
Mengikuti pengajian yang diselenggarakan
·
Melaksanakan shalat berjamaah
|
2
|
Jujur
|
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku,
etnis,pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya
|
· Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.
· Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara
berkala.
· Menyediakan kantin kejujuran.
· Menyediakan kotak saran dan
· pengaduan.
· Larangan membawa fasilitas
· komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
|
· Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.Tempat
pengumuman barang temuan atau hilang.
· Tranparansi laporan keuangan dan penilaian kelas
secaraberkala.
·
Larangan
menyontek
|
·
Melaporkan barang yang ditemukan kepada petugas
piket
·
Memberikan barang yang ditemukan
·
Mengerjakan dan atau menjawab soal hasil sendiri (
tidak menyontek)
·
Melaporkan hasil ulangan dari guru kepada Orang Tua
|
Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku,
etnis,pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya
|
· Menghargai dan memberikan
perlakuan yang sama terhadap
seluruh warga sekolah tanpa
membedakan suku, agama, ras,
golongan, status sosial, status
ekonomi, dan kemampuan khas.
· Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa
membedakan suku, agama, ras,golongan, status sosial, dan status ekonomi.
|
· Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial,
dan status ekonomi.
· Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
· Bekerja dalam kelompok yang berbeda
|
§ Menunjukkan
sikap menghargai pendapat orang lain
§ Menghormati
teman yang berbeda adat-istiadatnya
§ Memiliki
sikap bersahabat dengan orang lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis
§ Memberi
kesempatan kepada teman untuk berpendapat
|
|
4
|
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan.
|
§ Memiliki catatan kehadiran.
§ Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin.
§ Memiliki tata tertib sekolah.
§ Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin.
§ Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil
bagi pelanggar tata tertib sekolah.
|
§ Membiasakan hadir tepat waktu.
§ Membiasakan mematuhi aturan.
§ Penyimpanan dan pengeluaran alat dan bahan
|
§ Hadir Tepat waktu
§ Berpakaian sesuai dengan
aturan dan tata tertib sekolah
§ Tidak Merokok
§ Tidak membawa senjata tajam
§ Tidak membawa HP
§ Tidak mencuri
|
5
|
Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi
berbagai hambatan belajar, tugas
dan menyelesaikan tugas dengan
sebaik-baiknya.
|
§ Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§ Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu
untuk bekerja keras.
§ Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja
|
§ Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§ Menciptakan kondisi etos kerja,pantang menyerah, dan daya
tahan belajar.
§ Mencipatakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
§ Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang giat
bekerja dan belajar
|
§ Berkompetisi secara sehat
dalam meraih prestasi
§ Menunjukkan sikap Pantang
Menyerah dan daya tahan belajar yang tinggi dalam menyelesaikan tugas-tugas
sekolah
§ Memiliki daya tahan kerja
yang tinggi dalam meraih prestasi sehingga dapat saling memotivasi.
§ Memahami makna slogan/motto
yang terpajang disekolah
§ Mengaplikasikan
slogan/motto yang terpajang di sekolah dalam kehidupan sehari-hari baik
disekolah mauoun dirumah
|
6
|
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil
baru dari sesuatu yang telah dimiliki
|
§ Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak
kreatif
|
§ Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya piker
dan bertindak kreatif.
§ Pemberian tugas yang menantang munculnya karyakarya baru
baik yang autentik maupun modifikas
|
§ Dapat
mensiasati tantangan kehidupannya, mengetahui tantangan hidup di masa yang
akan datang. Kehidupannya harus bermanfaat bagi lingkungannya
§ Meningkatkan
daya saing dalam era globalisasi
|
7
|
Mandiri
|
Sikap dan prilaku yang tidak mudah
tergantung pada orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas
|
§ Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian
peserta didik
|
§ Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk bekerja mandiri
|
§ Menunjukkan sikap percaya
diri setiap menerima tugas yang menjadi tanggung jawabnya
|
8
|
Demokratis
|
Cara berpikir, bersikap, dan
bertindak yang menilai sama hak
dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
§ Melibatkan warga sekolah dalam
setiap pengambilan keputusan.
§ Menciptakan suasana sekola yang menerima perbedaan.
§ Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka
|
§ Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah
dan mufakat.
§ Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
§ Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
§ Mengimplementasikan modelmodel pembelajaran yang dialogis
dan interaktif.
|
§ Menerima hasil pemilihan
OSIS secara demokratis
§ Menerima hasil pemilihan
Ketua Murid
§ Menghargai pendapat orang
lain
§ Bersedia berdiskusi dengan
teman satu kelas
§ Bersedia diplih menjadi
pengurus kelas/OSIS melalui musyawarah
|
9
|
Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih
mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajari, dilihat, dan didengar
|
§ Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak
atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
§ Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam
pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya
|
§ Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu.
§ Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
§ Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau
media elektronik).
|
§ Menunjukkan rasa ingin tahu
melalui sikap berani bertanya di kelas
§ Mengembangkan sumber daya
yang ada di lingkungan sekolah
§ Memnfaatkan fasilitas
sarana informasi yang disediakan oleh sekolah secara maksimal ( madding,
radio sekolah, internet)
§ Mampu mengakses informasi
dari berbagai media
|
10
|
Semangat Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak, dan
berwawasan yang menempatkan
kepentingan bangsa dan negara di
atas kepentingan diri dan kelompoknya
|
§ Melakukan upacara rutin sekolah.
§ Melakukan upacara hari-hari besar nasional.
§ Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
§ Memiliki program melakukan
kunjungan ke tempat bersejarah.
§ Mengikuti lomba pada hari besar nasional
|
§ Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis,
status sosial-ekonomi.
§ Mendiskusikan hari-hari besar nasional
|
§ Terlibat
aktif dalam proses peringatan hari-hari besar Nasional ( sebagai petugas
upacara, tim Padus, dan Peserta Upacara )
§ Penggunaan
Lencana Merah Putih oleh siswa yang mengikuti eksul Paskibra
§ Keterlibatan
Siswa dalam lakon Sejarah Perjuangan Siswa melakukan kerja sama dengan teman
sekelas, satu sekolah dalam pembentukkan panitia pelaksana peringatan
hari-hari besar kebangsaan
|
11
|
Cinta Tanah Air
|
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat
yang menunjukkan kesetiaan,
kepedulian, dan penghargaan yang
tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, danpolitik bangsa
|
§ Menggunakan produk buatan dalam negeri.
§ Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Menyediakan informasi (dari
sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya
Indonesia..
|
§ Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera
negara,lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia.
§ Menggunakan produk buatan dalam negeri
|
§ Memahami dan
memelihara symbol-simbol kenegaraan yang ada di lingkungan sekolah
§ Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar
§ Menggunakan
dan mencintai produk-produk dalam negeri
§ Mencintai
dan mengembangkann budaya asli Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
|
12
|
Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang mendorong
dirinya untuk menghasilkan sesuatu
yang berguna bagi masyarakat,
mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain
|
§ Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga
sekolah.
§ Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi
|
§ Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
§ Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
§ Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta
didik berprestasi.
|
§ Motivasi
bertambah karena merasa diperhatikan dan dihargai
§ Ingin
meningkatkan prestasi yang lebih tinggi
§ Berjiwa
kompetitif
|
13
|
Bersahabat/Komunikatif
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa
senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang
lain.
|
§ Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi
antarwarga sekolah.
§ Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
§ Saling menghargai dan menjaga kehormatan.
§ Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban
|
§ Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi
peserta didik.
§ Pembelajaran yang dialogis.
§ Guru mendengarkan keluhankeluhan peserta didik.
§ Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta
didik.
|
§ Berinteraksi
secara santun dengan seluruh warga sekolah
§ Menjalin
komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah
§ Dapat
mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi dengan baik
|
14
|
Cinta Damai
|
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa
senang dan aman atas kehadiran dirinya
|
§ Menciptakan suasana sekolah dan
bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
§ Membiasakan perilaku warga
§ sekolah yang anti kekerasan.
§ Membiasakan perilaku warga
sekolah yang tidak bias gender.
§ Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang
|
§ Menciptakan suasana kelas yang damai.
§ Membiasakan perilaku warga
sekolah yang anti kekerasan.
§ Pembelajaran yang tidak bias gender.
§ Kekerabatan di kelas yang penuh kasih saying
|
§ Tidak
terlibat dalam perkelahian pelajar, tawuran, pemalakan
§ Memiliki
rasa kekeluargaan yang tinggi terhadap sesame siswa yang ada dalam lingkungan
sekolah maupun dari sekolah lain
|
15
|
Gemar Membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu
untuk membaca berbagai bacaan
yang memberikan kebajikan bagi
dirinya
|
§ Program wajib baca.
§ Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§ Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk
membaca
|
§ Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
§ Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§ Saling tukar bacaan.
§ Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi
|
§ Menggunakan
waktu luang untuk membaca di Perpustakaan
§ Menyusun
abstraksi /resensi dari buku yang telah dibaca
§ Memiliki
sikap positif bahwa bacaan adalah bagian dari kehidupan
|
16
|
Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya dan
mengembangkan upaya-upaya
untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi
|
§ Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian
lingkungan sekolah.
§ Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
§ Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
§ Pembiasaan hemat energi.
§ Membuat biopori di area sekolah.
§ Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
§ Melakukan pembiasaa memisahkan jenis sampah organik dan
anorganik.
§ Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
§ Penanganan limbah hasil praktik
§ Menyediakan peralatan kebersihan.
§ Membuat tandon penyimpanan air.
§ Memrogramkan cinta bersih lingkungan
|
§ Memelihara lingkungan kelas.
§ Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
§ Pembiasaan hemat energi.
§ Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran
air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan
|
§ Memiliki
kesadaran utuk menjaga kebersihan melalaui pelaksanaan piket kelas
§ Membuang
sampah pada tempatmya
§ Memelihara
K3 di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
§ Mencintai
dan memelihara tanaman yang ada dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
§ Terlibat
aktif dalam penciptaan lingkungan hijau
§ Menunjukkan
sikap hemat energy, air
|
17
|
Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan pada orang
lain dan masyarakat yang
membutuhkan
|
§ Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
§ Melakukan aksi sosial.
§ Menyediakan fasilitas untuk menyumbang
|
§ Berempati kepada sesama teman kelas.
§ Melakukan aksi sosial.
§ Membangun kerukunan warga Kelas
|
§ Memiliki
sikap empati terhadap teman yang terkena musibah
§ Memiliki
kepedulian social dengan sesame anggota kelas
§ Terlibat
dalam kegiatan bakti social
|
18
|
Tanggung Jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa
|
§ Membuat laporan setiap kegiatan
yang dilakukan dalam bentuk lisan
maupun tertulis.
§ Melakukan tugas tanpa disuruh.
§ Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup
terdekat.
§ Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
|
§ Pelaksanaan tugas piket secara
teratur.
§ Peran serta aktif dalam kegiatan
sekolah.
§ Mengajukan usul pemecahan masalah
|
§ Menyelesaikan
tugas-tugas sekolah
§ Memiliki
keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan sekolah
§ Memiliki
kemapuan untuk menemukan pemecahan masalah dari persoalan yang dihadapi dan
menyampaikannya secara baik dan santun
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar