Rabu, 15 Januari 2014

Indikator Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Sekolah

INDIKATOR KEBERHASILAN SEKOLAH DAN KELAS DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
NILAI DESKRIPSI INDIKATOR SEKOLAH INDIKATOR KELAS


NO
NILAI
DESKRIPSI
INDIKATOR SEKOLAH
INDIKATOR KELAS
INDIKATOR SISWA
1
Religius

Perilaku yang didasarkan pada
upaya menjadikan dirinya sebagai
orang yang selalu dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan.
·    Merayakan hari-hari besar
keagamaan.
·    Memiliki fasilitas yang dapat
digunakan untuk beribadah.
·    Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah
·   Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
·   Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah
·     Mengucapkan salam
·     Melaksanakan Shalat tepat waktu
·     Berpakaian menutup aurat
·     Mengikuti pengajian yang diselenggarakan
·     Melaksanakan shalat berjamaah
2
Jujur
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku,
etnis,pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya
·   Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.
·   Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
·   Menyediakan kantin kejujuran.
·   Menyediakan kotak saran dan
·   pengaduan.
·   Larangan membawa fasilitas
·   komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
·   Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.Tempat pengumuman barang temuan atau hilang.
·   Tranparansi laporan keuangan dan penilaian kelas secaraberkala.
·   Larangan menyontek
·     Melaporkan barang yang ditemukan kepada petugas piket
·     Memberikan barang yang ditemukan
·     Mengerjakan dan atau menjawab soal hasil sendiri ( tidak menyontek)
·     Melaporkan hasil ulangan dari guru kepada Orang Tua

3
Toleransi
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku,
etnis,pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dari dirinya
·   Menghargai dan memberikan
perlakuan yang sama terhadap
seluruh warga sekolah tanpa
membedakan suku, agama, ras,
golongan, status sosial, status
ekonomi, dan kemampuan khas.
·   Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras,golongan, status sosial, dan status ekonomi.
·   Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
·   Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
·   Bekerja dalam kelompok yang berbeda
§ Menunjukkan sikap menghargai  pendapat orang lain
§ Menghormati teman yang berbeda adat-istiadatnya
§ Memiliki sikap bersahabat dengan orang lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis

§ Memberi kesempatan kepada teman untuk berpendapat

4
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan.
§  Memiliki catatan kehadiran.
§  Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin.
§  Memiliki tata tertib sekolah.
§  Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin.
§  Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
§ Membiasakan hadir tepat waktu.
§ Membiasakan mematuhi aturan.
§ Penyimpanan dan pengeluaran alat dan bahan
§ Hadir Tepat waktu
§ Berpakaian sesuai dengan aturan dan tata tertib sekolah
§ Tidak Merokok
§ Tidak membawa senjata tajam
§ Tidak membawa HP
§ Tidak mencuri
5
Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi
berbagai hambatan belajar, tugas
dan menyelesaikan tugas dengan
sebaik-baiknya.
§  Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§  Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
§  Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja
§ Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§ Menciptakan kondisi etos kerja,pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
§ Mencipatakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
§ Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar
§  Berkompetisi secara sehat dalam meraih prestasi
§  Menunjukkan sikap Pantang Menyerah dan daya tahan belajar yang tinggi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah
§  Memiliki daya tahan kerja yang tinggi dalam meraih prestasi sehingga dapat saling memotivasi.
§  Memahami makna slogan/motto yang terpajang disekolah
§  Mengaplikasikan slogan/motto yang terpajang di sekolah dalam kehidupan sehari-hari baik disekolah mauoun dirumah

6
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil
baru dari sesuatu yang telah dimiliki
§  Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak kreatif
§ Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya piker dan bertindak kreatif.
§ Pemberian tugas yang menantang munculnya karyakarya baru baik yang autentik maupun modifikas
§  Dapat mensiasati tantangan kehidupannya, mengetahui tantangan hidup di masa yang akan datang. Kehidupannya harus bermanfaat bagi lingkungannya
§  Meningkatkan daya saing dalam era globalisasi
7
Mandiri
Sikap dan prilaku yang tidak mudah
tergantung pada orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas
§  Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik
§ Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri
§  Menunjukkan sikap percaya diri setiap menerima tugas yang menjadi tanggung jawabnya

8
Demokratis
Cara berpikir, bersikap, dan
bertindak yang menilai sama hak
dan kewajiban dirinya dan orang lain.
§  Melibatkan warga sekolah dalam
setiap pengambilan keputusan.
§  Menciptakan suasana sekola yang menerima perbedaan.
§  Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka
§ Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
§ Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
§ Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
§ Mengimplementasikan modelmodel pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
§  Menerima hasil pemilihan OSIS secara demokratis
§  Menerima hasil pemilihan Ketua Murid
§  Menghargai pendapat orang lain
§  Bersedia berdiskusi dengan teman satu kelas
§  Bersedia diplih menjadi pengurus kelas/OSIS melalui musyawarah
9
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih
mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajari, dilihat, dan didengar
§  Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
§  Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya
§ Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu.
§ Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
§ Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
§  Menunjukkan rasa ingin tahu melalui sikap berani bertanya di kelas
§  Mengembangkan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah
§  Memnfaatkan fasilitas sarana informasi yang disediakan oleh sekolah secara maksimal ( madding, radio sekolah, internet)
§  Mampu mengakses informasi dari berbagai media
10
Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan
berwawasan yang menempatkan
kepentingan bangsa dan negara di
atas kepentingan diri dan kelompoknya
§  Melakukan upacara rutin sekolah.
§  Melakukan upacara hari-hari besar nasional.
§  Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
§  Memiliki program melakukan
kunjungan ke tempat bersejarah.
§  Mengikuti lomba pada hari besar nasional
§ Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
§ Mendiskusikan hari-hari besar nasional
§  Terlibat aktif dalam proses peringatan hari-hari besar Nasional ( sebagai petugas upacara, tim Padus, dan Peserta Upacara )
§  Penggunaan Lencana Merah Putih oleh siswa yang mengikuti eksul Paskibra
§  Keterlibatan Siswa dalam lakon Sejarah Perjuangan Siswa melakukan kerja sama dengan teman sekelas, satu sekolah dalam pembentukkan panitia pelaksana peringatan hari-hari besar kebangsaan

11
Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat
yang menunjukkan kesetiaan,
kepedulian, dan penghargaan yang
tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, danpolitik bangsa
§  Menggunakan produk buatan dalam negeri.
§  Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Menyediakan informasi (dari
sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia..
§ Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara,lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia.
§  Menggunakan produk buatan dalam negeri
§  Memahami dan memelihara symbol-simbol kenegaraan yang ada di lingkungan sekolah
§  Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
§  Menggunakan dan mencintai produk-produk dalam negeri
§  Mencintai dan mengembangkann budaya asli Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
12
Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong
dirinya untuk menghasilkan sesuatu
yang berguna bagi masyarakat,
mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain
§ Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
§ Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi
§ Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
§ Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
§ Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
§  Motivasi bertambah karena merasa diperhatikan dan dihargai
§  Ingin meningkatkan prestasi yang lebih tinggi
§  Berjiwa kompetitif
13
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa
senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
§  Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
§  Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
§  Saling menghargai dan menjaga kehormatan.
§  Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban
§  Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
§  Pembelajaran yang dialogis.
§  Guru mendengarkan keluhankeluhan peserta didik.
§  Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
§  Berinteraksi secara santun dengan seluruh warga sekolah
§  Menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh warga sekolah
§  Dapat mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi dengan baik

14
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa
senang dan aman atas kehadiran dirinya
§  Menciptakan suasana sekolah dan
bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
§  Membiasakan perilaku warga
§  sekolah yang anti kekerasan.
§  Membiasakan perilaku warga
sekolah yang tidak bias gender.
§  Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang
§  Menciptakan suasana kelas yang damai.
§  Membiasakan perilaku warga
 sekolah yang anti kekerasan.
§  Pembelajaran yang tidak bias gender.
§  Kekerabatan di kelas yang penuh kasih saying
§  Tidak terlibat dalam perkelahian pelajar, tawuran, pemalakan
§  Memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi terhadap sesame siswa yang ada dalam lingkungan sekolah maupun dari sekolah lain
15
Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu
untuk membaca berbagai bacaan
yang memberikan kebajikan bagi
dirinya
§  Program wajib baca.
§  Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§  Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca
§  Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
§  Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§  Saling tukar bacaan.
§  Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi
§  Menggunakan waktu luang untuk membaca di Perpustakaan
§  Menyusun abstraksi /resensi dari buku yang telah dibaca
§  Memiliki sikap positif bahwa bacaan adalah bagian dari kehidupan
16
Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya dan
mengembangkan upaya-upaya
untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi
§  Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
§  Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
§  Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
§  Pembiasaan hemat energi.
§  Membuat biopori di area sekolah.
§  Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
§  Melakukan pembiasaa memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
§  Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
§  Penanganan limbah hasil praktik
§  Menyediakan peralatan kebersihan.
§  Membuat tandon penyimpanan air.
§  Memrogramkan cinta bersih lingkungan
§  Memelihara lingkungan kelas.
§  Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
§  Pembiasaan hemat energi.
§  Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan

§  Memiliki kesadaran utuk menjaga kebersihan melalaui pelaksanaan piket kelas
§  Membuang sampah pada tempatmya
§  Memelihara K3 di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
§  Mencintai dan memelihara tanaman yang ada dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar
§  Terlibat aktif dalam penciptaan lingkungan hijau
§  Menunjukkan sikap hemat energy, air
17
Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan pada orang
lain dan masyarakat yang
membutuhkan
§  Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
§  Melakukan aksi sosial.
§  Menyediakan fasilitas untuk menyumbang
§  Berempati kepada sesama teman kelas.
§  Melakukan aksi sosial.
§  Membangun kerukunan warga Kelas
§  Memiliki sikap empati terhadap teman yang terkena musibah
§  Memiliki kepedulian social dengan sesame anggota kelas
§  Terlibat dalam kegiatan bakti social
18
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa
§  Membuat laporan setiap kegiatan
yang dilakukan dalam bentuk lisan
maupun tertulis.
§  Melakukan tugas tanpa disuruh.
§  Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
§  Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
§  Pelaksanaan tugas piket secara
teratur.
§  Peran serta aktif dalam kegiatan
sekolah.
§  Mengajukan usul pemecahan masalah
§  Menyelesaikan tugas-tugas sekolah
§  Memiliki keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan sekolah
§  Memiliki kemapuan untuk menemukan pemecahan masalah dari persoalan yang dihadapi dan menyampaikannya secara baik dan santun

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Popular Posts

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU